CRITICAL JURNAL MIKROBIOLOGI PANGAN

Nama              : Yuli Hardiyanti
NIM                : 4122220013
Kelas               : Biologi Nondik A 2012
Mata Kuliah  : Mikrobiologi Pangan

A.      TOPIK YANG DIBAHAS
Upaya Peningkatan Kualitas Kulit Singkong Melalui Fermentasi Menggunakan Leuconostoc mesenteroides Pengaruhnya terhadap Kecernaan Bahan Kering dan Bahan Organik Secara In Vivo
Jurnal Ilmiah Peternakan, Vol 1 No : 1 Hal 99 – 108 Tahun 2013

B.       BIOGRAFI PENULIS
Yudi Octa Sandi
Sri Rahayu
Wardhana Suryapratama *
Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
* Corresponding author : mas_eo@yahoo.com

C.      HASIL CRITICAL
1.        BAGIAN ABSTRAK
Pada bagian abstrak, tidak menyertakan landasan teori dari Leuconostoc mesenteroides dan menggunakan bahasa yang terlalu sederhana sehingga tidak sepantasnya dikatakan jurnal ilmiah. Namun secara keseluruhan, bagian abstrak jurnal ini sudah bagus karena telah menggunakan 2 bahasa dalam penulisan abstrak.

2.        BAGIAN PENDAHULUAN
Bagian pendahuluan, tidak menyertakan efek kandungan sianida pada kulit singkong yang akan digunakan sebagai pakan ternak ruminansia. tidak dapat penjelasan lebih lanjut tentang bakteri Leuconostoc mesenteroides dalam penggunaan dalam pendegradasi sianida.

3.        BAGIAN METODE PENELITIAN
Pada bagian metode penelitian dalam jurnal ini, harus menyertakan waktu pelaksaanan penelitian sehingga lebih memperjelas bagi pembaca dalam kejujuran adanya penelitian ini. Seharusnya dijelaskan lebih rinci dalam penggunaan metode AOAC. Untuk rancangan penelitian pada jurnal ini mudah dipahami karena masih menggunakan rancangan acak lengkap, namun tidak dicantumkan menggunakan analisis apa. Seharusnya dipakai analisis varians jika menggunakan rancangan acak lengkap.

4.        BAGIAN HASIL DAN PEMBAHASAN
Pada bagian hasil dan pembahasan, diperoleh data kandungan HCN kulit singkong setelah difermentasi selama 2 minggu, sebanyak 55 ppm sedangkan selama 3 minggu 35 ppm namun untuk selama 4 minggu sebanyak t (tidak terdeteksi), kata tidak terdeteksi disini memiliki 2 makna yakni kandungan HCN nya yang terlalu sedikit ataupun kandungan HCN nya yang terlalu banyak. Dan seharusnya dijelaskan faktor – faktor yang mendasari adanya hasil HCN yang bisa tidak terdeteksi tersebut.

5.        BAGIAN KESIMPULAN
Berdasarkan abtrak disertakan bahwa jurnal ini ingin mengetahui pengaruh penambahan Leuconostoc mesenteroides dalam kecernaan bahan kering, seharusnya dikesimpulan hanya menyertakan kesimpulan tentang kecernaan bahan keringnya, jadi bagi pembaca yang belum bisa membaca pembahasan ini lebih dahulu mengetahui kesimpulan atau gambaran besar dari penulisan jurnal ini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN GENETIKA ALEL DAN GEN GANDA

LAPORAN MONOHIBRID DAN DIHIBRID

LAPORAN OKULASI